Berita dan Informasi

Memperkuat Literasi Agama Dengan Pelatihan Tilawatil Qur’an.

Sawah Dangka, Senin 21/8/23. Pelatihan Tilawatil Qur’an yang diadakan oleh Ponpes Tahfiz Qur’an Muallimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin di kampus 1, Selasa di kampus 2 dan Rabu di kampus 3 setelah Shalat Ashar. Kegiatan ini sudah berlanjut 2 angkatan, dan Alhamdulillah untuk angkatan sekarang sebanyak 90 Tilmidz/zat. Sedangkan di angkatan pertama ditahun lalu sudah ada 30 Tilmidz/zat yang bergabung.

Diikuti oleh Tilmidz/zat yang sangat antusias, Kegiatan ini didampingi langsung oleh Ustadz H. Ali Amran S.Pd ( Qori Nasional serta Dewan Hakim Nasional Sumatera Barat ).

Adapun faktor utama dalam pelatihan tilawah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca al-Quran yang diperindah oleh suara yang merdu dengan menggunakan irama lagu yang telah ditentukan. Pelatihan tilawah ini dilakukan 1 kali perminggu dengan beberapa lagu yang diajarkan, diantaranya lagu bayyan, lagu hijaz, dan lagu shaba.

Adapun metode yang dipakai dalam pelatihan tilawah ini adalah metode Sima’i, yakni metode yang dilakukan dengan cara mencontohkan salah satu lagu al-Quran oleh pengajar, kemudian Tilmidz/zat sedikit demi sedikit mengulanginya dengan menyesuaikan lagu, irama dan nada dan disesuaikan lagu yang sama persis seperti yang dicontohkan.

Ustadz Tri Purna Jeri. L.C. M.A mengatakan Agar Tilmidz/zat menjadi cinta akan Al-Qur’an dari seluruh disiplin ilmu yang ada termasuk Seni baca Al- Qur’an. Ujarnya

Adapun prestasi yang telah dicapai jauh ini ialah juara Provinsi Tilawah antar santri Se Sumatra Barat. STAI Darul Qur’an Payakumbuah atas nama Abdan Azizan Mubarak 12.

Selanjutnya, Zakia Lailatul Husna 11, insyaallah akan mengikuti MHQ Tilawah Cabang 5 Juz Tilawah di Solok Selatan November mendatang.

Tujuan utama pelatihan tilawah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam membaca al-Quran yang diperindah oleh suara yang merdu dengan menggunakan irama lagu yang telah ditentukan.

Editor : ERF

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru

Gallery

Tag

Subscribe