Berita dan Informasi

Tingkatkan Seni Bela Diri, Ekskul Tapak Suci Jadi Kegiatan Rutin Tilmidz/Zat (Santri/Santriwati) Ponpes Tahfiz Qur’an Muallimin Muhammadiyah Sawah Dangka

Sawah Dangka, Jum’at 18/8/23, Ponpes Tahfiz Qur’an Muallimin Muhammadiyah Sawah Dangka memiliki beberapa ekstrakulikuler salah satunya ialah Tapak Suci, pelatihan seni bela diri ini diikuti wajib bagi seluruh Tilmidz/zat baik dari tingkatan Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA).

Adapun lokasi kegiatan di lapangan kampus masing-masing, yang terdiri kampus 1 untuk Tilmidz dan kampus 2 & 3 untuk Tilmidzat.

Tapak Suci merupakan ekstrakurikuler bela diri yang berasal dari Muhammadiyah, salah satu tujuan dari ekstrakurikuler ini yakni Tilmidz/zat mampu mengendalikan dan memiliki kontrol diri dari berbagai hal-hal yang merugikan serta menumbuhkan sikap sportif dan saling menghargai antar sesama.

Selaku anggota yang diamanahkan untuk melatih Ustadz Ridwan mengatakan unit ekstrakurikuler Tapak Suci ini akan terus melakukan latihan demi menunjang kepercayaan diri Tilmidz/zat dan membantu dalam mengontrol emosi dalam diri nya, pelatihan yang dilaksanakan selama 1 kali dalam seminggu ini yakni Jum’at Sore ba’da Ashar menjadi jadwal rutin latihan dengan teknik pencak silat berdasarkan kaidah bela diri yang benar.

“Sebagaimana yang kita ketahui Tapak Suci merupakan seni bela diri yang mampu membantu teman-teman dalam mengendalikan diri dari hal-hal yang tidak baik, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dan kami akan terus memperbanyak jumlah peserta sehingga kita makin bersemangat untuk membangun seni bela diri ini.” ucap Ustad Ridwan

“Alhamdulillah di Awal Juli 2023 Pondok kita mengutus sebanyak 6 Orang Tilmidz untuk mengikuti kejuaraan Silat di Universitas Andalas, dalam kesempatan tersebut 4 anak kita mendapatkan mendali Perak.

Kemudian Ahad 20/8/23 mendatang akan diadakan pelantikan kenaikan tingkat yang telah mengikuti ujian pada bulan Mei 2023 lampau. Tutur Ustad Yunando Afrido S.H selaku koordinator Tapak Suci Ponpes Tahfiz Qur’an Muallimin Muhammadyah Sawah Dangka.

Harapan kedepannya, salah satu bentuk promosi pondok, insyaallah akan diusahakan mengadakan perlombaan pencak silat Se-Agam Timur dan Bukittinggi yang bertuan rumah di Pondok kita. Lanjutnya

Disamping adanya latihan fisik, keilmuan serta usaha meningkatkan kemampuan, para pesilat yang aktif nantinya akan mengikuti beberapa event, atau lomba yang akan diadakan. Semua ini dilakukan untuk membantu para pesilat dalam meningkatkan prestasi.

Dengan demikian Tapak Suci ini akan menjadi organisasi ekstrakurikuler yang terus memberikan dan menciptakan prestasi unggul bagi para pesilat, sehingga menjadi contoh teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Editor : ERF

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru

Gallery

Tag

Subscribe