Berita dan Informasi

PERESMIAN DAN PERKEMAHAN QABILAH KEPANDUAN HIZBUL WATHAN

PONPES MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH SAWAH DANGKA

img_0387

 

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Prakarsa itu timbul saat beliau selesai memberi pengajian di Solo, dan melihat latihan Pandu di alun-alun Mangkunegaran.

Gerakan ini kemudian meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada 1961, dan dibangkitkan kembali oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan SK Nomor 92/SK-PP/VI-B/1.b/1999 tanggal 10 Sya’ban 1420 H (18 November 1999 M) dan dipertegas dengan SK Nomor 10/Kep/I.O/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H (2 Februari 2003)

HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

 img_0339

TINGKATAN DALAM ORGANISASI :

Kwartir Pusat

Organisasi kepanduan HW untuk tingkat nasional

 

Kwartir Wilayah

Organisasi Kepanduan HW untuk tingkat Provinsi

 

Kwartir Daerah

Organisasi Kepanduan HW untuk tingkat Kota atau Kabupaten

 

Kwartir Cabang

Organisasi Kepanduan HW untuk tingkat kecamatan / desa

 

Qabilah

Organisasi Kepanduan HW untuk tingkat amal usaha Muhammadiyah, baik sekolah, masjid dll.

 

Pada hari Senin, 19 Desember 2016, Qabilah Hizbul Wathan Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Sawah Dangka, resmi berdiri. Peresmian dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Bapak Dr. H. Shofwan Karim Elha, M.Si dan dihadiri oleh  Ketua kwartir wilayah, Kwartir daerah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bukittinggi, Pimpinan Cabang Aisyiah, Camat Tilatang Kamang. Peresmian ditandai dengan membuka tirai peresmian Qabilah Hizbul Wathan.

Selain peresmian Qabilah Hizbul Wathan, acara di isi dengan atraksi Hizbul Wathan oleh Pengenal (Anggota kepanduan HW yang berusia antara 11 – 16 tahun) dari siswa-siswi Pondok Pesantren. Di samping itu juga di semarakkan dengan pameran kreatifitas siswa dari barang bekas.

Setelah shalat Zhuhur, rombongan perkemahan berangkat ke Puncak Lawang. Perkemahan diikuti oleh 120 siswa (Pengenal dan Penghela). Perkemahan berlangsung selama sehari semalam sebagai kegiatan perkemahan perdana.

Post A Comment

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru

Gallery

Tag

Subscribe